Sistem Informasi Dakwah


SISTEM INFORMASI DAKWAH

  1. Urgensi system Informasi dalam kegiatan dakwah adalah:
A.    Sistem informasi menempati posisi yang signifikan dan strategis mengingat fungsi utamanya yang akan mengelola seluruh data atau informasi, perkembangan maupun hasil-hasil kegiatan dakwah dilapangan.
B.     Melalui system informasi diharapkan akan menjadi sarana yang efektif untuk memonitoring dan mengevaluasi pelaksanaan serta hasik kegiatan program dakwah secara keseluruhan.
C.     Akurasi data serta informasi yang dihasilkan data tersebut dapat menjadi bahan pertimbangan bagi pengambilan kebijaksanaan dan keputusan stake holders dakwah dalam rangka perbaikan dan upaya penyempurnaan kinerja program dakwah.
D.    Tingkat validitas dan reabilitas sistem informasi dakwah sangat berganrung kepada penerapan manajemen data disemua tingkatanpelaku, oleh karena itu untuk menjamin agar pengelolaan manajemen data termonitor dengan baikberikut disajikan hasil-hasil pengendalian manajemen data yang dilakukan dai sebagai manajemen dakwah di pusat informasi
E.     Sistem informasi dakwah dapat mengantisipasi tantangan dakah global.
F.      Sistem informasi dapat berguna dalam pengambilan keputusan dakwah, penyususunan perencanaan dakwah, pengawasan dakwah, evaluasi dakwah, dan perumusan kebijakan dakwah.

2.      Pengertian sistem informasi
Sistem Informasi terdiri dari dua kata yaitu system dan informasi. Sistem merupakan kumpulan elemen-elemen yang saling terkait dan bekerja sama untuk memproses masukan (input) yang ditujukan kepada system tersebut dan mengolah masukan tersebut sampai menghasilkan keluaran (output) yang di inginkan. Informasi merupakan kumpulan data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerima.  Jadi, SISTEM INFORMASI adalah:
a.          Suatu system yang dibuat oleh manusia yang terdiri dari komponen dalam organisasi untuk mencapai suatu tujuan yaitu menyajikan informasi.
b.          Sekumpulan prosedur organisasi yang pada saat dilaksanakan akan memberikan informasi bagi pengambil keputusan/ pengendalian organisasi.
c.        Suatu system didalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan treansaksi. (Andi Kristanto, Perancangan system informasi dan aplikainya: 2003)
d.    Kombinasi antara prosedur kerja, informasi, orang dan teknologi informasi yang diorganisasikan untuk nmencapai tujuan dalam sebuah organisasi ( Alter, 1992)
e.        Kumpulan perangkat keras dan perangkat lunak yang dirancang untuk mentranformasikan   data kedalam bentuk informasi yang berguna (Bodnar dan Hopwood, 1993)
Kegiatan Sistem Informasi di antaranya:
a.       Integrasi komponen pemrosesan, penyimpanan dan penyebarluasan informasi dalam suatu organisasi
b.      Studi interdisiplin suatu system untuk menyediakan informasi pada organisasi
c.       Pencatatan/ penyimpanan data, penyajian dan pengkodean data, mengamankan / memback up data.
3.      Dampak Internet terhadap Dakwah:
Internet memiliki dampak yang sangat positif terhadap kegiatan dakwah. Dengan adanya internet kita bisa dengan mudah melihat peta dakwah dari berbagai belahan dunia manapun. Kita bisa berdakwah lewat tulisan/ blog/ situs dakwah dengan mudah kapan pun dan dimanapun. Tak perlu kita berangkat ke Jerman atau Amerika sebab dengan kita berdakwah di internet tulisan kita bias dibaca oleh siapapun, dimanapin, dan kapanpun. Data statistic beberapa tahun terakhir menjelaskan bahwa umat muslim dikawan Eropa kian bertambah hal ini tentu saja adalah akibat dari teknologi informasi orang-orang di belahan dunia sana banyak yang mempelajari Islam dari internet. Selain hal-hal tersebut diatas internet bagi kegiatan dakwah sangat penting karena:
a.       Saat ini adalah zaman masyrakat informasi yang mengusai teknologi informasi dengan adanya internet mereka bias mudah mempelajari Islam dengan mudah lewat literature yang ada di internet tinggal klik.
b.      Tersedianya buku-buku dan kitab kitab elektronik yang tinggal di download saja.
c.       Dapat mengetahui peta dakwah mad’u yang akan kita dakwahi di suatu daerah, dengan cara mencari informasi dari internet tentang kondisi daerah tersebut.
d.      Di internet terdapat ribuan milis yang bias di baca kapan saja, kita bias langsung chatting dengan para pakar/ ustadz secara onlain, juga bisa berkirim pesan lewat email, facebook, dll.
Kesimpulan:  pendakwah yang melek internet sangat dibutuhkan sekarang ini. Kalau pendakwah menutup diri dari kemajuan teknologi informasi ini, layak mencamkan pepatah Ali Syari’ati, “….semakin tinggi perkembangan sains dan teknologi, maka semakin tinggi pula manusia menuju kebiadaban”.

4.      Dakwah Virtual adalah suatu bentuk dakwah yang terjadi di dalam dunia maya atau cyberspace, sehingga tidak terdapat batasan-batasan baik ruang dan waktu antara da’i dan mad’u berada. Hubungan di dalam dakwah virtual tidak lagi membutuhkan kontak fisik melainkan digital.

Unsur-unsur dakwah virtual
1.Da’I / Komunikator : Institusi, personal, provider, pemasang web hosting
      2.Pesan/ maudhu’ : Pesan dapat berupa teks, audio, video, foto
      3.Media : internet
      4.Mad’u / komunikan : pengguna internet
      5.Feedback : Langsung karena bersifat interaktif

Kelebihan / keuntungan dakwah virtual:
a .Sebagai media dakwah interaktif
Melalui media internet kita dapat berdakwah/ komunikasi secara interaktif karena feedback dari komunikasi interaktif adalah langsung antara da’I dengan mad’u
b .Dapat menyampaikan pesan secara massa
Melalui komunikasi virtual, konteks komunikasi di internet bisa menjadi komunikasi massa atau komunikasi personal dalam junlah yang banyak. Karena dari pengguna internet yang menggunakan komunikasi virtual dapat menjadi komunikator (da’i) maupun komunikan (madh’u).
c.Dapat menyampaikan pesan-pesan dakwah yang dapat berupa teks, audio, video, foto atau grafis.
d. Mengetahui Jendela dakwah/ Islam dari seluruh belahan dunia
Dengan adanya dakwah  virtual di internet, kita dapat mengetahui  keberadaan ummat muslim di belahan dunia manapun. Kita pun dapat mempelajarui berbagai macam literature yang dapat dengan mudah kita download
e. Mendapatkan informasi dakwah secara cepat
Kita bisa mengetahui dengan cepat apa yang sedang terjadi tanpa harus membaca Koran terlebih dahulu.
5. Empat dampak komputer dan system informasi terhadap Dakwah
a.       Dengan computer kita bisa menyimpan data-data materi dakwah. Dapat menyimpan data tersebut dalam database dan dapat diambil kembali pada saat dibutuhkan.
b.      Dapat  membuat peta dan organisasi dakwah dengan cepat, tepat dan efesien.
c.       Mengelola data, hasil serta kegiatan dakwah di lapangan
d.      Memonitoring serta mengevaluasi kegiatan dakwah secara keseuruhan.

6.      Local Area Network / LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil, seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.



Komponen-komponen Dasar LAN
Beberapa komponen dasar yang biasanya membentuk suatu LAN adalah  sebagai  berikut:
a. Workstation
Workstation merupakan node atau host yang berupa suatu   sistem komputer  Sistem komputer ini dapat berupa PC atau dapat pula berupa suatu computer   yang  besar seperti  sistem  minicomputer, bahkan  suatu   mainframe. Workstation dapat bekerja sendiri (stand-alone)  dapat pula   menggunakan  jaringan untuk bertukar data dengan workstation atau user yang lain.

b. Server
Perangkat keras (hardware) yang  berfungsi untuk melayani  jaringan dan workstation  yang  terhubung  pada  jaringan tersebut.pada umumnya sumber  daya (resources)   seperti  printer, disk, dan  sebagainya  yang   hendak   digunakan secara bersama oleh para  pemakai  di workstation  berada  dan  bekerja pada server. Berdasarkan jenis pelayanannya  dikenal  disk server,   file server, print server, dan suatu server juga dapat mempunyai beberapa   fungsi pelayanan sekaligus.

c. Link (hubungan)
Workstation dan server tidak dapat berfungsi  apabila  peralatan  tersebut  secara fisik tidak terhubung. Hubungan tersebut dalam LAN dikenal  sebagai  media transmisi yang umumnya  berupa kabel. Adapun   beberapa  contoh dari   link adalah:

  1. Kabel Twisted Pair
  •      Kabel ini terbagi dua, yaitu Shielded Twisted Pair dan Unshielded Twisted
         Pair(UTP)
  •      Lebih banyak dikenal karena merupakan kabel telpon
  •      Relatif murah
  •      Jarak yang pendek
  •      Mudah terpengaruh oleh gangguan
  •      Kecepatan data yang dapat didukung terbatas, 10-16 Mbps
  2. Kabel Coaxial
  •      Umumnya digunakan pada televisi
  •      Jarak yang relatif lebih jauh
  •      Kecepatan pengiriman data lebih tinggi di banding Twisted Pair, 30 Mbps
  •      Harga yang relatif tidak mahal
  •      Ukurannya lebih besar dari Twisted Pair
  3. Kabel Fiber Optic
  •      Jarak yang jauh
  •      Kecepatan data yang tinggi, 100 Mbps
  •      Ukuran yang relatif kecil
  •      Sulit dipengaruhi gangguan
  •      Harga yang relatif masih mahal
  •      Instalasi yang relatif sulit

d. Network Interface Card (NIC)
Suatu workstation tidak dihubungkan secara langsung dengan kabel jaringan    ataupun tranceiver cable, tetapi melalui suatu rangkaian elektronika yang  dirancang khusus untuk menangani  network  protocol  yang dikenal  dengan   Network Interface Card (NIC).

e. Network Software
Tanpa adanya software jaringan maka jaringan tersebut tidak  akan bekerja   sebagaimana yang dikehendaki. Software ini juga yang  memungkinkan sistem   komputer yang satu berkomunikasi dengan sistem komputer yang lain.

7. Topologi Jaringan
Topologi pada dasarnya adalah peta dari sebuah jaringan. Topologi jaringan terbagi lagi menjadi dua, yaitu topologi secara fisik (physical topology) dan topologi secara logika (logical topology). Topologi secara fisik menjelaskan bagaimana susunan dari kable dan komputer dan lokasi dari semua komponen jaringan. Sedangkan topologi secara logika menetapkan bagaimana informasi atau aliran data dalam jaringan.

Macam-macam topologi jaringan:
a. Topologi BUS
Topologi ini mempunyai bentuk, satu kabel utama menghubungkan ke tiap saluran tunggal computer (membentuk huruf T), kecuali simpul disalah satu ujung kabel utama, yang hanya terhubung ke saluran komputer dan terminator sebagai penutup.


Bus sangat sederhana, murah dan maksimal terdiri atas 5-7 komputer. Kesulitan yang sering dihadapi adalah kemungkinan terjadinya tabrakan data karena mekanisme jaringan relatif sederhana dan jika salah satu node putus maka akan mengganggu kinerja dan trafik seluruh jaringan.

b. Topologi Star Bintang


Topologi bintang merupakan bentuk topologi jaringan yang berupa konvergensi dari node tengah ke setiap node atau pengguna. Topologi jaringan bintang termasuk topologi jaringan dengan biaya menengah.

c. Topologi Ring



Topologi cincin adalah topologi jaringan dimana setiap titik terkoneksi ke dua titik lainnya, membentuk jalur melingkar membentuk cincin. Pada topologi cincin, komunikasi data dapat terganggu jika satu titik mengalami gangguan. Jaringan FDDI mengantisipasi kelemahan ini dengan mengirim data searah jarum jam dan berlawanan dengan arah jarum jam secara bersamaan.

d. Topologi Mesh


Topologi jaringan ini menerapkan hubungan antar sentral secara penuh. Jumlah saluran harus disediakan untuk membentuk jaringan Mesh adalah jumlah sentral dikurangi 1 (n-1, n = jumlah sentral). Tingkat kerumitan jaringan sebanding dengan meningkatnya jumlah sentral yang terpasang. Dengan demikian disamping kurang ekonomis juga relatif mahal dalam pengoperasiannya.

e. Topologi Tree


Topologi Jaringan Pohon (Tree) Topologi jaringan ini disebut juga sebagai topologi jaringan bertingkat. Topologi ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral denganhirarki yang berbeda. Untuk hirarki yang lebih rendah digambarkan pada lokasi yang rendah dan semakin keatas mempunyai hirarki semakin tinggi. Topologi jaringan jenis ini cocok digunakan pada sistem jaringan komputer .

Pada jaringan pohon, terdapat beberapa tingkatan simpul (node). Pusat atau simpul yang lebih tinggi tingkatannya, dapat mengatur simpul lain yang lebih rendah tingkatannya. Data yang dikirim perlu melalui simpul pusat terlebih dahulu. Misalnya untuk bergerak dari komputer dengan node-3 kekomputer node-7 seperti halnya pada gambar, data yang ada harus melewati node-3, 5 dan node-6 sebelum berakhir pada node-7. Keungguluan jaringan model pohon seperti ini adalah, dapat terbentuknya suatu kelompok yang dibutuhkan pada setiap saat. Sebagai contoh, perusahaan dapat membentuk kelompok yang terdiri atas terminal pembukuan, serta pada kelompok lain dibentuk untuk terminal penjualan. Adapun kelemahannya adalah, apabila simpul yang lebih tinggi kemudian tidak berfungsi, maka kelompok lainnya yang berada dibawahnya akhirnya juga menjadi tidak efektif. Cara kerja jaringan pohon ini relatif menjadi lambat.
f. Topologi Linier




Jaringan komputer dengan topologi linier biasa disebut dengan topologi linier bus, layout ini termasuk layout umum. Satu kabel utama menghubungkan tiap titik koneksi (komputer) yang dihubungkan dengan konektor yang disebut dengan T Connector dan pada ujungnya harus diakhiri dengan sebuah terminator. Konektor yang digunakan bertipe BNC (British Naval Connector), sebenarnya BNC adalah nama konektor bukan nama kabelnya, kabel yang digunakan adalah RG 58 (Kabel Coaxial Thinnet). Installasi dari topologi linier bus ini sangat sederhana dan murah tetapi maksimal terdiri dari 5-7 Komputer.

8. Jelaskan:
a. Wide Area Network (WAN)


WAN
adalah singkatan dari istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris: Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.

b. Metropolitant Area Network (MAN)





Metropolitan area network atau disingkat dengan MAN adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.
c. 3G adalah singkatan dari istilah dalam bahasa Inggris: third-generation technology atau biasa dibaca: triji. Istilah ini umumnya digunakan mengacu kepada perkembangan teknologi telepon nirkabel (wireless).



sebagaimana dikutip oleh FCC, yang mendefinisikan 3G sebagai sebuah solusi nirkabel yang bisa memberikan kecepatan akses:
* Sebesar 144 Kbps untuk kondisi bergerak cepat (mobile).
* Sebesar 384 Kbps untuk kondisi berjalan (pedestrian).
* Sebesar 2 Mbps untuk kondisi statik di suatu tempat.
d. Modem. Istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasipada computer.Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut “modem”, seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.
Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk iubah menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio. Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer. Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan modem in
9. Kelemahan Sistem Komputer adalah mudahnya system rusak akibat terkena perusak perangkat lunak/ malware seperti cacing computer, virus, Trojan, spyware dll. Cara yang aman agar system computer kita aman adalah dengan menggunakan perangkat lunak yang original yang tidak memungkinkan di masuki penyakit/ perusak system.
Ancaman yang menyerang computer
-          Malware
-          Virus
-          Worm
-          Trojan
10. Malware / Perangkat perusak
malware, berasal dari lakuran kata malicious dan software) adalah perangkat lunak yang diciptakan untuk menyusup atau merusak sistem komputer, peladen atau jejaring omputer tanpa izin termaklum (informed consent) dari pemilik. Istilah ini adalah istilah umum yang dipakai oleh pakar komputer untuk mengartikan berbagai macam perangkat lunak atau kode perangkat lunak yang mengganggu atau mengusik.[1] Istilah 'virus computer' terkadang dipakai sebagai frasa pemikat (catch phrase) untuk mencakup semua jenis perangkat perusak, termasuk virus murni (true virus).


Perangkat lunak dianggap sebagai perangkat perusak berdasarkan maksud yang terlihat dari pencipta dan bukan berdasarkan ciri-ciri tertentu. Perangkat perusak mencakup virus komputer, cacing komputer, kuda Troya (Trojan horse), kebanyakan kit-akar (rootkit), perangkat pengintai (spyware), perangkat iklan (adware) yang takjujur, perangkat jahat (crimeware) dan perangkat lunak lainnya yang berniat jahat dan tidak diinginkan. Menurut undang-undang, perangkat perusak terkadang dikenali sebagai ‘pencemar komputer’; hal ini tertera dalam kode undang-undang di beberapa negara bagian Amerika Serikat, termasuk California dan West Virginia.
-Virus Istilah 'virus komputer' dipakai untuk perangkat lunak yang telah terjangkit beberapa perangkat lunak (executable software) apabila dijalankan, virus akan menyebar pada perangkat lunak lainnya. Virus juga bisa membawa muatan (payload) yang melakukan tindakan lain. virus memerlukan campur tangan pengguna untuk menyebar (wikipedia.com)
- Trojan, kuda Troya adalah perangkat lunak yang mengundang pengguna untuk menjalankannya, dan menyembunyikan muatan yang merusak atau berniat jahat. Muatan dapat memengaruhi sistem secara langsung dan dapat mengakibatkan banyak efek yang tidak dikehendaki, misalnya menghapus berkas-berkas pengguna atau memasang perangkat lunak yang tidak dikehendaki  secara berlanjut. Kuda Troya yang dikenal sebagai virus penetes (dropper) digunakan untuk memulai wabah cacing komputer, dengan memasukkan cacing ke dalam jejaring  pengguna (users' local networks). (wikipedia.com)
1. Arti Definisi / Pengertian Virus Komputer
Virus komputer adalah suatu program komputer yang menduplikasi atau menggandakan diri dengan menyisipkan kopian atau salinan dirinya ke dalam media penyimpanan / dokumen serta ke dalam jaringan secara diam-diam tanpa sepengetahuan pengguna komputer tersebut. Efek dari virus komputer sangat beragam mulai dari hanya muncul pesan-pesan aneh hingga merusak komputer serta menghapus file atau dokumen kita.
2. Varian Virus Worm, Trojan Dan Spyware
a. Worm
Worm adalah lubang keamanan atau celah kelemahan pada komputer kita yang memungkinkan komputer kita terinfeksi virus tanpa harus eksekusi suatu file yang umumnya terjadi pada jaringan.
b. Trojan
Trojan adalah sebuah program yang memungkinkan komputer kita dikontrol orang lain melalui jaringan atau internet.
c. Spyware
Spyware adalah aplikasi yang membocorkan data informasi kebiasaan atau perilaku pengguna dalam menggunakan komputer ke pihak luar tanpa kita sadari. Biasanya digunakan oleh pihak pemasang iklan.
Jika kita melihat kejanggalan pada media penyimpanan seperti file bernama aneh yang tidak pernah kita buat atau file bukan jenis aplikasi / application tetapi mengaku sebagai aplikasi maka jangan kita klik, kita buka atau kita jalankan agar virus komputer tersebut tidak menular ke komputer yang kita gunakan.
Tanda-Tanda/Ciri-Ciri Komputer Kita Terkena/Terinfeksi Virus Komputer :
- Komputer berjalan lambat dari normal
- Sering keluar pesan eror atau aneh-aneh
- Perubahan tampilan pada komputer
- Media penyimpanan seperti disket, flashdisk, dan sebagainya langsung mengkopi file aneh tanpa kita kopi ketika kita hubungkan ke komputer.
- Komputer suka restart sendiri atau crash ketika sedang berjalan.
- Suka muncul pesan atau tulisan aneh
- Komputer hang atau berhenti merespon kita.
- Harddisk tidak bisa diakses
- Printer dan perangkat lain tidak dapat dipakai walaupun tidak ada masalah hardware dan software driver.
- Sering ada menu atau kotak dialog yang error atau rusak.
- Hilangnya beberapa fungsi dasar komputer.
- Komputer berusaha menghubungkan diri dengan internet atau jaringan tanpa kita suruh.
- File yang kita simpan di komputer atau media penyimpanan hilang begitu saja atau disembunyikan virus. dan lain-lain...
Contoh bentuk media penyebaran virus komputer dari komputer yang satu ke komputer yang lain :
- Media Penyimpanan (disket, flashdisk, harddisk eksternal, zipdisk, cd, dvd, bluray disc, cartridge, dan lain sebagainya)
- Jaringan lan, wan, man, internet dan lain sebagainya.
- File attachment atau file lampiran pada email atau pesan elektronik lainnya.
- File software (piranti lunak) yang ditunggangi virus komputer.
11. Keuntungan Menggunakan system informasi dakwah
a. Dapat membuat laporan perkembangan madh’u
b. Dapat membuat peta dakwah
c. Sebagai penyusun perencanaan
d. dapat menyusun pengawasan, evaluasi,dan perum,usan kebijakan dakwah
e. Mengetahui apakah kegiatan dakwah bejerja dengan baik
f. Untuk mempertahankan dan mengembangkan organisasi dakwah
g. mengatasi  tantangan dakwah global
12. Model SID
Gambar Model Sistem Informasi dakwah



 





Keterangan:
Orang dalam gambar di atas, merupakan yang menginput data sekaligus mengolah data. Data tersebut di masukan melalui perangkat system informasi bisa berupa computer dll, orang tersebut bisa da’i yang faham teknologi, atau manager atau analis system yang bertugas mengolah data. Data di masukan kepada computer yang merupakan bagian dari system informasi untuk membuat peta dakwah agar dapat di ketahui perkembangan mad’u dan proses kegiatan dakwah yang terjadi secara keseluruhan.

13. Karakteristik DSS
A.  Adaptability
B.  Flexibility
C.  User friendly
D.  Support intelligence
E.  Design
F. Choice
G.  Effectiveness.
Perbedaan DSS dan ESS
DSS adalah Sistem komputer interaktif yang membantu pembuat keputusan dalam menggunakan & memanfaatkan data & model untuk memecahkan masalah yang tidak terstruktur. Informasi dihasilkan dalam bentuk laporan periodic dan khusus, output dari model matematika  dan system pakar .
ES adalah subset dari kecerdasan buatan ( artificial intellegense) atau AI. Yang berpotensi untuk memperluas kemampuan pemecahan masalah manager melebihi kemampuan normalnya juga sebagai program komputer yang berfungsi seperti manusia, yaitu memberi konsultasi kepada pemakai mengenai cara pemecahan masalah.
Artificial Intellegen AI (kecerdasan buatan) adalah kegiatan menyediakan mesin seperti computer dengan kemampuan untuk menampilkan perilaku yang dianggap cerdas jika itu diamati pada manusia.

Wallahu A’lam….



Refferensi:
Kristanto, Andi (2003). Perancangan sistem dan aplikasinya. Jogjakarya: Gava Media.
Mc.Leod, R. Jr. 1993. Managemen Information system : A Study of Computer Based Information System (ed. Terjemah Indonesia jilid 1-2) USA: Macmillan.
Siagian P,  Sondang (2008).  Sistem Informasi Managemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Hand out Perkuliahan Sistem Informasi dakwah
Wikipedia.com       
National Conference of State Legislatures Virus/Contaminant/Destructive Transmission Statutes by State
Dan dari berbagai sumber lainnya.

0 komentar: